adminnaker

 28 April 2023 | 09:10 WIB

Disnakerind Kabupaten Tuban Gelar FKP, Ini Tujuannya

Tubankab - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Kabupaten Tuban menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) di lantai 2 kantor dinas setempat, Selasa (27/06). Kegiatan ini diselenggarakan salah satunya bertujuan untuk menyelaraskan kebijakan dan kondisi penyelenggaraan pelayanan.

Plt. Kepala Disnakerind Kabupaten Tuban, Suwito menyampaikan, hari ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Kementerian PAN-RB tentang Forum Konsultasi Publik di lingkungan pemerintah dalam rangka untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayan Publik.

Menurut Suwito, diwajibkan bagi instansi atau OPD penyelenggaraan pelayanan, sehingga pihaknya mengundang masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya membangun sistem pelayanan yang transparan dan akuntabel.

"Kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan, sehingga diharapkan yang telah hadir untuk memberikan masukan dan usulan terhadap program-program yang ada di Disnakerind," timpalnya.

Ia mengungkapkan, dalam kegiatan itu pelaku IKM memberikan usulan terhadap packaging produk IKM, sebab packaging atau kemasan produk harus disesuaikan dengan standar yang ada.

"Ada beberapa hasil produk IKM yang berpeluang untuk ekspor ke luar negeri atau go internasional. Sehingga, saat ini telah kita usulkan tambahan sarana dan prasarana," tambahnya.

Disnakerind, ujar Suwito, mengakui usulan tersebut telah dianggarkan pada PAK tahun 2023 atau APBD tahun 2024.

Disampaikan juga, dengan adanya FKP ini ke depan dapat mengidentifikasi permasalahan seperti apa dan tindak lanjutnya bagaimana.

"FKP ini tujuannya untuk memastikan penyelenggaraan pelayanan yang sudah sesuai dengan ketentuan pelayanan yang ada," ujarnya.

Selain itu, FKP ini guna menyelaraskan kebijakan dan kondisi penyelenggaraan pelayanan, sehingga pelayanan yang diberikan kepada penerima pelayanan ini, seperti apa kekurangannya, itu yang ingin diketahui.

Ditegaskan Suwito, rekomendasi dari kegiatan ini di antaranya mengoptimalkan jejaring sosial, agar aspirasi masyarakat, usul, saran dan masukan, dapat segera ditindaklanjuti.

"Bahkan Bupati Tuban juga telah menekankan bahwa semua OPD harus memberikan pelayanan yang terukur dan tertata serta cepat," imbuhnya.

Ia memastikan, dari rekomendasi FKP hari ini akan dilaksanakan, kemudian tahun depan akan digelar FKP serupa dan mengevaluasi hasil rekomendasi yang telah dilaksanakan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari berbagai elemen masyarakat, di antaranya akademisi, serikat pekerja, pelaku IKM, media dan tokoh masyarakat. (chusnul huda/hei)